Rabu, 17 September 2014

kota malang

kota Malang kota yang dikenal sebagai kota bunga dan kota yang dingin tapi itu dulu kini kota malang sudah tidak sedingin yang dulu. banayak yang bisa di banggakan dikota malang ini karna kota malang mempunyai berbagai macam kebudayaan yg bisa disugguhkan misalnya tari topeng malangan, jaran kepang dsb. Kota Malang juga terkenal sebagai kota pendidikan.
Banyak juga makanan khas malang seperti tempe sanan, rujak cingur, bakso malang dsb. kota malang juga mempunyai banyak tempat wisata misalnya candi singosari, candi badut, jatim park, bns, candi singosari dsb.
Orang malang mempunyai ciri tersendiri yaitu suka hal-hal yang bisa mengesankan setiap orang, salah satunya adalah dalam hal berkomunikasi dengan membalikan (walikan) kata-kata.
Mengenai masih eksisnya bahasa walikan ini sampai sekarang, salah satu alasan menurut adalah tingginya fanatisme arek-arek malang terhadap, kota dan identitas mereka sebagai arek malang. Berikut ini tulisan sedikit istilah bahasa walikan dari kota Malang:
adapes: sepeda, rotom: motor ,libom: mobil, utapes: sepatu, landas: sandal, soak: kaos, rudit: tidur, nakam: makan, halokes: sekolah, hailuk: kuliah, ngalup: pulang, ladub: budal/berangkat.
banyak gelar yang disandang kota malangdari kota bunga, kota pendidikan,kota militer,kota pesiar, paris of java,kota peristirahatan karna ini semualah saya bangga lahir dan besar dikota malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar